41 Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin E Tinggi

Posted on
Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin E – Sumber vitamin E (alpha tocopherol) bisa ditemukan pada semua jenis makanan. Mulai dari buah vitamin E, sayur-sayuran, kacang-kacangan, gandum/sereal, telur, daging unggas, daging sapi, dan minyak nabati. Vitamin E bisa dikatakan antioksidan yang sangat penting untuk tubuh, karena beliau bisa melindungi kita dari pengaruh buruk radikal bebas.

Dengan konsumsi makanan bervitamin E, maka sistem kekebalan badan kita terjaga, imun meningkat, dan bahkan sangat bermanfaat sekali untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin E termasuk jenis vitamin yang larut dalam lemak. Tubuh kita pada dasarnya memerlukan asupan vitamin E 60 – 75 IU (internasional unit) sehari.. Kelebihan konsumsi makanan bervitamin E juga tidak baik bagi kesehatan.

Oleh karenanya, penuhi kebutuhan vitamin E harian secukupnya saja. Khusus bagi bawah umur dan ibu hamil yang sedang mengandung, sebaiknya konsumsi vitamin E konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahlinya. Selain memperolehnya dari multivitamin, kau juga bisa mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung sumber vitamin E tinggi berikut ini.


Makanan Mengandung Sumber Vitamin E Tinggi




1. Biji bunga matahari

Apakah kau suka mengonsumsi kwaci dari biji bunga matahari? Jika suka ada baiknya pertahankan karena biji bunga matahari mengandung vitamin E tinggi. Setiap konsumsi setengah gelas biji bunga matahari, maka bisa mencukupi kebutuhan 82 % vitamin E harian. Selain sebagai sumber vitamin E, biji bunga matahari juga memiliki kandungan mineral alami menyerupai magnesium dan selenium. Sehingga jangan lewatkan camilan lezat ini dikala kau lagi santai.

2. Asparagus

Asparagus merupakan tanaman yang berbentuk menyerupai mirip tombak. Tanaman satu ini cukup terkenal sekali di tempat Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa. Sedangkan di negara kita sendiri, asparagus masih menjadi komoditas impor. Dengan konsumsi asparagus 1 batang, maka kau bisa mencukupi kebutuhan vitamin E sebesar 18 % sehari.

3. Almond

Siapa yang tak kenal dengan kacang almond? Biasanya kacang jenis ini banyak dikonsumsi bersama dengan roti dan camilan lainnya. Setiap konsumsi satu cup kecil kacang almond kau bisa mencukupi asupan vitamin E sebesar 26.2 mg. Rasanya yang gurih dan lezat, sangat cocok apabila kacang jenis ini kita jadikan sebagai camilan sehat keluarga tercinta.

4. Bayam

Bayam termasuk jenis sayuran hijau yang mengandung beragam nutrisi. Sayur ini memiliki kandungan antioksidan tinggi dalam bentuk flavonoid dan karotenoid. Setelah diteliti lebih dalam, ternyata bayam juga termasuk sayur yang mengandung vitamin E tinggi. Bayam bisa mencukupi kebutuhan vitamin E alami sebesar 41.4 mg bagi tubuh.

5. Sawi Swiss

Mendengar nama ‘sawi swiss’ mungkin masih terdengar abnormal di telinga. Memang sayur jenis ini belum cukup populer di Indonesia, tetapi sesungguhnya sudah banyak dikonsumsi di aneka macam pecahan dunia. Sawi swiss memiliki batang besar berwarna hitam dengan daun kecil berwarna hijau. Konsumsi sehelai sawi swiss saja dapat mencukupi kebutuhan vitamin E sebesar 28.8 mg.

6. Lobak

Lobak tidak hanya termasuk makanan yang mengandung vitamin E saja, tetapi sayuran ini juga memiliki kandungan kalsium tinggi. Kandungan kalsium ini membuat lobak memiliki rasa yang cukup pahit sekali. Di Indonesia mungkin penggunaan lobak untuk memasak masih sangat jarang. Tetapi untuk negara Asia lain menyerupai Jepang, China, dan Korea menjadi materi kuliner yang cukup diminati oleh masyarakat. Sayur lobak bisa mencukupi kebutuhan vitamin E sebesar 28.8 % dari total harian.

7. Buah bit

Bit merupakan buah vitamin E tinggi yang termasuk kedalam jenis umbi-umbian. Warna ungu yang ada pada bit menjadi mengambarkan bahwa buah bit merupakan sumber vitamin E tinggi. Konsumsi satu buah bit sehari dapat mencukupi kebutuhan vitamin ini sebesar 38.7 %. Kamu bisa mengonsumsi buah bit dalam bentuk salad ataupun campuran jus buah.


8. Kale

Di Indonesia kale disebut dengan aneka macam nama, mulai dari kalean hingga kalian. Sayuran hijau ini memiliki batang pendek dengan daun melebar sedang. Meskipun hanya bisa mencukupi kebutuhan vitamin E sebesar 5 % sehari, tetapi kale sangat baik sekali untuk penderita penyakit jantung. Bagi penderita jantung, ada baiknya konsumsi kale dengan cara mengukusnya.

9. Cabai

Makanan yang mengandung vitamin E selanjutnya ialah cabai. Kandungan vitamin E dalam cabai sangatlah tinggi, bahkan bisa mencukupi 40 % kebutuhan harian. Selain itu cabai juga memiliki kandungan capcaisin yang bisa meringankan gejala-gejala peradangan. Menariknya lagi, meski pedas cabai bermanfaat untuk mencegah arthritis dan psoriasis.

10. Kacang tanah

Banyak orang yang menghindari kacang tanah karena menganggapnya sebagai sumber lemak jahat bagi tubuh. Konsumsi kacang dianggap bisa menjadikan munculnya jerawat. Namun setelah diteliti, ternyata kacang mengandung sumber vitamin E tinggi yang bisa mencukupi 20 % kebutuhan harian. Selain mengandung vitamin E, kacang tanah juga memiliki senyawa folat, niasin, mangan, dan protein yang baik untuk membangun sel tubuh.

11. Paprika

Paprika masih masuk kedalam keluargan cabe-cabean (ups! hehe). Masih sebangsa dengan cabai, paprika memiliki rasa yang beranekaragam, ada rasa pedas dan ada pula rasa manis sesuai dengan jenis paprikanya. Sayur ini bisa menyumbang kebutuhan lebih dari 10 % kebutuhan vitamin E harian. Dengan konsumsi paprika rutin, kandungan beta karoten dan zeaxanthin-nya juga cukup bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

12. Udang

Berbicara mengenai makanan mengandung vitamin E, seakan tak lengkap rasanya apabila aku tak menyebut udang. Sumber vitamin E dalam udang bisa mencukupi kebutuhan 18 % harian bagi tubuh. Menariknya lagi, kandungan astaxantin-nya bisa mencegah penyakit-penyakit degeneratif. Oleh alasannya ialah itu, konsumsilah udang secara rutin semoga badan tetap sehat dan fit.

13. Tomat

Tak hanya udang, tomat pun juga termasuk makanan yang mengandung vitamin E tinggi. Terkadang kandungan vitamin E ini dimanfaatkan untuk membuat masker wajah. Vitamin tersebut terkombinasi tepat dengan likopen yang bisa mencerahkan, mengencangkan, dan bahkan memutihkan kulit wajah. Sedangkan untuk kesehatan, kandungan nutrisi dalam tomat bermanfaat untuk mencegah penyakit tulang pada lansia.


14. Alpukat

Manfaat alpukat bagi kesehatan sangatlah besar sekali. Buah ini memiliki kandungan vitamin E yang bisa mencukupi kebutuhan harian sebesar 21 %. Manfaat vitamin tersebut bisa mencegah adanya peradangan pada tubuh. Selain itu kandungan pitosterol (beta sitosterol, stigmasterol), anti oksidan karotenoid (neoxantin, lutein, neochrome, beta cryptoxantin, dan flavonoid epicathein) sangat baik untuk menjaga sistem imun tubuh.

15. Kiwi

Buah kiwi memang lebih dikenal sebagai sumber vitamin C. Namun ternyata kandungan vitamin E nya juga bisa mencukupi kebutuhan 7 % harian. Manfaat buah kiwi cukup lengkap, mulai dari mencegah penyakit degeneratif hingga dengan meningkatkan imun tubuh. Kamu bisa mengonsumsi buah kiwi eksklusif ataupun mengolahnya menjadi jus segar.


Makanan yang Mengandung Vitamin E Lainnya


16. Bekatul (dedak padi): setiap 118 gram mengandung vitamin E 5.8 mg

17. Dedak gandum: setiap 58 gram mengandung vitamin E 0.9 mg

18. Quinoa: setiap 170 gram mengandung vitamin E 4.1 mg (21 % kebutuhan)

19. Krisantenum: setiap 100 gram mengandung 2.5 mg vitamin E

20. Daun ketumbar: setiap 100 gram mengandung 2.5 vitamin E

21. Sawi putih: setiap 100 gram terkandung 2.3 mg vitamin E

22. Selada air: setiap 100 gram terkandung 1.0 mg vitamin E

23. Brokoli: setiap 100 gram memiliki 2.5 mg vitamin E

24. Dandelion hijau: setiap 100 gram mengandung 3.4 mg vitamin E

25. Selai kacang: setiap 2 sendok makan mengandung 13.8 mg

26. Sayur wortel: sebatang dapat mencukupi 5 % kebutuhan vitamin E

27. Buncis: bisa mencukupi kebutuhan 4 % vitamin E harian

28. Daun bawang: mengandung 3 % vitamin E harian

29. Minyak zaitun: dapat mencukupi 18 % kebutuhan vit E harian

30. Buah zaitun: dapat mencukupi 15 % kebutuhan vitamin E

31. Tahu: setiap 100 gram bisa mencukupi 5 % kebutuhan vitamin E

32. Labu: konsumsi labu bisa mencukupi asupan vitamin E sebesar 6 %

33. Kacang pecan: sumber vitamin E yang bisa mencukupi 7 % kebutuhan

34. Kacang pinus: mengandung 13 kalori dengan 1 % kebutuhan vitamin E

35. Minyak canola: bisa mencukupi kebutuhan vitamin E harian 12 %

36. Oregano kering: menunjukkan asupan vitamin E 1 % harian

37. Kuaci biji labu: sumber vitamin E tinggi yang bisa mencukupi 225 % kebutuhan harian.

38. Kacang pistachio: dapat mencukupi 11 % kebutuhan vitamin E harian.

39. Ikan salmon: setiap 3 onsnya bisa mencukupi kebutuhan harian orang dewasa.

40. Rumput laut: baik untuk mencukupi kebutuhan vitamin E ibu hamil.

41. Buah berry: memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu kinerja vitamin E dalam melindungi sistem kekebalan tubuh.


Efek Samping Kelebihan Vitamin E

Meskipun makanan mengandung vitamin E diatas memiliki banyak manfaat, namun apabila dikonsumsi berlebihan nantinya juga tidak baik. Konsumsi dalam dosis berlebih akan menyebabkan efek samping seperti:

– Pada penderita jantung, stroke, hipertensi, diabetes, dan sejenisnya bisa menjadikan janjkematian mendadak

– Munculnya kram otot, perut, sakit kepala, mual, diare, dan masih banyak lagi.

Bagaimana, lengkap bukan? sebnarnya masih banyak lagi makanan yang mengandung vitamin E lainnya. Ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dosisi yang tepat kepada dokter ataupun ahlinya. Dengan demikian, efek kelebihan vitamin E tidak akan menyerang kamu. Selamat mencoba!

Bermanfaat dan menarik? Bantu share yuk!