Manfaat Daging Sapi Berdasarkan Kandungan Gizi Lengkap

Posted on

Manfaat Daging Sapi – Kandungan gizi daging sapi yang cukup lengkap, membuatnya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan badan kita. Seperti kita ketahui bersama, daging sapi ini tergolong kedalam daging merah yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.


Daging sapi bisa dibilang lebih spesial dari pada daging kambing. Sebab daging satu ini tidak memiliki bacin menyengat atau prengus. Sehingga sangatlah cocok apabila kita olah menjadi masakan-masakan yang lezat.
Daging sapi terbaik
Biasanya daging sapi diolah menjadi banyak sekali macam kuliner. Sebut saja ibarat dendeng, rendang, steak, bistik, sate, dan masih banyak lagi. Untuk bisa membuat olahan masakan tersebut, tidak semua episode daging sapi bisa Anda gunakan. Ada beberapa episode yang kurang pas jika diolah menjadi sebuah masakan tertentu.

Mengenal Bagian Daging Sapi Berdasarkan Kegunaanya

Seperti yang telah saya singgung diatas, tidak semua daging sapi bisa diolah menjadi sebuah sajian kuliner. Sebut saja iga sapi, beliau tidak cocok diolah menjadi sajian masakan sate, tetapi lebih cocok bila diolah menjadi sup berkuah.
Bagian-bagian daging sapi dan kegunaanya
Dengan mengetahui episode daging sapi berdasarkan kegunaannya diatas, maka kita dapat menyajikan masakan lezat dari daging sapi untuk keluarga tercinta.

Kandungan Gizi Daging Sapi

Daging sapi tidak hanya lezat diolah menjadi banyak sekali macam masakan saja, namun jenis daging merah satu ini juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Manfaat ini bisa kita dapatkan dari kandungan gizi di dalamnya. 

Apa saja kandungan gizi daging sapi yang sebenarnya? berikut beberapa gizi yang akan kau dapatkan dari konsumsi daging sapi:
  • Kalori
  • Protein
  • Zat besi
  • Selenium
  • Seng dan zinc
  • Vitamin B kompleks
  • Omega 3

Perbandingan jumlah kalori: sapi nomor 2 tertinggi

Manfaat Daging Sapi Bagi Kesehatan Berdasar Kandungan Gizinya

Ada banyak sekali khasiat daging sapi yang bisa kita dapatkan, mulai dari mencegah penyakit hingga mengobatinya. Berikut beberapa manfaat daging sapi bagi kesehatan yang bisa kau dapatkan.

1. Zat besi

Zat besi termasuk kedalam nutrisi yang sangat diharapkan oleh badan kita. Tanpa zat besi, badan tidak akan bisa memproduksi sel-sel darah secara optimal. Sehingga akan menyebabkan anemia (kekurangan sel darah merah).

Maka dari itu, cegahlah anemia dengan mengonsumsi daging sapi secara rutin. Selain dapat mencegah dan mengatasi anemia, konsumsi zat besi yang cukup juga bermanfaat untuk:
  • Mencegah bayi dalam kandungan lahir cacat
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Meningkatkan semangat belajar
  • Mengoptimalkan proses metabolisme
  • Mengatasi lemas, lesu, dan nyeri ketika haid

2. Protein

Seperti kita ketahui bersama, daging sapi cukup terkenal dengan kandungan protein di dalamnya. Kandungan protein di dalam daging sapi termasuk kedalam jenis protein hewani.

Ada banyak sekali manfaat daging sapi berkat adanya protein ini, mulai dari meningkatkan kecerdasan anak hingga dengan membentuk masa otot.

3. Selenium

Selenium termasuk kedalam antioksidan yang cukup baik untuk meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan badan kita terhadap serangan penyakit. Sebenarnya kandungan selenium yang tinggi tidak hanya terdapat pada daging sapi saja, tetapi juga terdapat daging kambing dan telur.

4. Seng dan zinc

Apakah kau memiliki persoalan seputar reproduksi? Jika benar, maka konsumsilah daging sapi secara rutin. Menurut penelitian yang dilakuka oleh WHO, daging sapi mengandung senyawa seng dan zinc yang cukup tinggi. Kedua kandungan gizi daging sapi inilah yang menjadikannya sangat bermanfaat untuk menjaga sistem reproduksi pria  dan wanita.

Untuk pria, kandungan seng dan zinc dapat membuat kualitas sperma menjadi meningkat. Sedangkan untuk wanita sangat berperan dalam menjaga sel telur dan menormalkan siklus mentruasi.

5. Vitamin B Kompleks

Manfaat daging sapi selanjutnya berasal dari kandungan nutrisi vitamin B kompleks. Menurut para andal gizi, kandungan vitamin B kompleks sangatlah baik untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf sentra (otak) biar dapat bekerja secara maksimal. Dengan kata lain, khasiat daging sapi untuk kecerdasan sangatlah besar.

6. Omega 3

Kandungan gizi daging sapi yang terakhir yaitu asam lemak omega 3. Manfaat omega 3 ada banyak sekali, mulai dari menjaga kinerja jantung, hati, dan episode otak. 
Dalam 150 gram daging sapi mengandung sekitar 30 gram asam lemak omega 3. Oleh karena itu, kalau ingin badan dan otak tetap bekerja secara optimal, konsumsilah daging sapi secara rutin setiap harinya.

Jenis-Jenis Daging Sapi

Daging sapi memang mengandung manfaat dan gizi yang cukup lengkap, namun jangan hingga kau salah pilih, karena ada beberapa jenis daging sapi yang memiliki perbedaan dalam hal rasa dan penampilan. Perbedaan-perbedaan ini muncul disebabkan karena pakan/makanan sapi tersebut.
  • Daging sapi wagyu
Daging sapi jenis wagyu memiliki ciri khas khusus yakni bintik putih halus yang merupakan lemak yang teranyam disepanjang dagingnya. Efek anyaman yang cukup unik ini disebut juga dengan lemak otot (marbling). Daging sapi jenis satu ini terkenal sebagai daging premium, karena beliau memiliki tekstur lebih empuk dan rasa yang sangat lezat.

Untuk menerima kadar lemak otot (marbling) yang tinggi, sapi wagyu digemukkan selama kurang lebih 300 s.d 600 hari. Penilaian mengenai kualitas daging sapi wagyu sendiri berdasarkan banyaknya lemak pada otot. Semakin banyak lemak otot pada daging, maka kualitas daging tersebut akan semakin tinggi atau baik.

Daging yang memiliki lemak otot (marbling) tersebut tergolong favorit di kalangan masyarakat. karena teksturnya yang lembut dapat dengan mudah lumer di mulut. Namun untuk bisa menikmati daging sapi wagyu, kau harus merogoh kocek yang lebih besar.
  • Daging sapi pemakan rumput (Grass Fed)
Bagi kau yang ingin menikmati daging sapi tanpa lemak, maka daging sapi pemakan rumput atau grass fed bisa menjadi pilihan terbaik. Biasanya daging sapi jenis ini diternak pada padang rumput yang cukup luas.

Tidak perlu cemas mengenai rasa dari daging sapi grass fed. Daging ini juga memiliki tekstur empuk dan rasa lumayan lezat. Selain itu, karena tidak mengandung lemak tinggi, daging ini cocok juga untuk mendukung progam diet.
  • Daging sapi pemakan biji-bijian (Grain Fed)
Daging sapi pemakan biji-bijian cenderung memiliki warna yang lebih merah dan konsisten. Sedangkan kandungan lemaknya, daging sapi grain fed tergolong tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah (standar).

Dalam hal rasa, daging sapi pemakan biji-bijian jauh lebih gurih dan empuk dari pada kedua jenis diatas. Biasanya daging jenis satu ini banyak digunakan untuk materi sate, sup, rendang, dan masih banyak lagi.

Sapi pemakan biji-bijian diternak selama beberapa hari. Namun biji yang diberikan tidak sembarangan, karena para pemiliknya biasanya akan mengatur kandungan gizi yang terdapat pada biji-bijian tersebut. Adapun jenis biji-bijian yang sering digunakan sebagai makanan sapi antara lain ibarat sorgum, gandum, berley, dan jagung.

Tips Memilih Daging Sapi Segar Berkualitas

Memilih daging sapi bukan perkara yang mudah, terlebih sekarang ini banyak sekali beredar daging sapi kurang berkualitas yang dijual oleh para pedagang. Oleh karena itu, bagi kau yang masih awam ketahuilah ciri-ciri daging sapi berkualitas biar tidak mudah tertipu oleh pedagang badung tersebut.
Pilihlah daging sapi yang berkualitas
Berikut ini ada beberapa tips memilih daging sapi berkualitas baik yang bisa kau pelajari selengkapnya.
  • Perhatikan warna daging
Daging sapi segar dan berkualitas tentunya berbeda dengan daging sapi yang sudah bau atau tidak layak konsumsi. Cara termudah untuk mengetahui kualitas daging sapi yaitu melalui warnanya.

Pilihlah daging sapi yang masih fresh berwarna merah dan segar. Hindarilah daging sapi yang berwarna pucat apalagi kotor, karena biasanya daging tersebut telah bau dan kurang berkualitas.
  • Tekstur daging
Daging sapi berkualitas memiliki tekstur yang lebih kenyal. Untuk mengetahuinya, kau dapat menekan daging tersebut dengan jari. Jika teksturnya kenyal dan kembali ke bentuk semula, maka kualitas daging tersebut baik.

Akan tetapi bila setelah disentuh daging tidak kembali ibarat semula, jangan beli daging tersebut. Karena biasanya daging sapi lembek sudah tidak layak dikonsumsi lagi.
  • Bau atau aroma
Ciri daging sapi segar memiliki bacin atau aroma yang khas “sapi” dan segar. Kamu bisa mengetahui aroma tersebut dengan cara menciumnya. Jika terasa bacin asam apalagi busuk, hindari daging tersebut dan cari yang lain.
  • Tidak berair
Sekarang ini banyak sekali beredar daging sapi suntik, dimana daging tersebut telah disuntik air oleh pedagang biar lebih berat dari pada sebelumnya. Daging ibarat ini tidak rupawan untuk dikonsumsi.

Maka dari itu, hindarilah membeli daging sapi yang banyak mengandung air. Namun kalau menemukan daging sapi yang mengandung cairan ibarat darah, kau bisa membelinya.
  • Cek akta halal
Tips memilih daging sapi terakhir yaitu melihat akta halal. Ini hanya berlaku apabila kau membeli daging sapi di swalayan atau supermarket. Karena biasanya daging yang dijual di pasar tradisional tidak mencantumkan akta halal.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba daging sapi? Itulah sajian informasi seputar manfaat daging sapi berdasarkan kandungan gizinya secara lengkap. Untuk menerima semua manfaat daging sapi diatas, olah dan konsumsi daging sapi dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.
 
***